Menu atau shorcut pada aplikasi Microsoft Excel sangat banyak, dibutuhkan latihan terus-menerus agar bisa mempraktekkannya. Salah satunya adalah menyisipkan baris tambahan pada data yang berada di tengah tabel. Misalnya saja data ribuan baris yang telah ada, tapi perlu disisipkan satu atau beberapa baris lagi untuk mengisi data tambahan. Maka perlu untuk menyisipkan baris kosong untuk mengisi data tambahan tersebut. Kalau hanya satu baris tentunya mudah ya, bagaimana kalau banyak baris yang harus disisipkan? Berikut ini cara cepat untuk menyisipkan banyak baris pada tabel Excel.
Cara pertama dengan menandai satu atau banyak baris dalam satu kolom, seperti pada gambar. Setelah pilih menu Insert pada baris grup menu Cells, terletak di bagian atas lembar kerja. Pilihan menu lihat detailnya pada gambar ya. Setelah itu, otomatis baris akan disisipkan sesuai jumlah baris yang ditandai (diblok/disorot/highlight)
Cara kedua hampir sama dengan yang pertama. Bedanya hanya pada cara kita menandai baris yang akan disisipkan. Klik tab baris yang ada nomor urutnya, klik dan tahan ke bawah sejumlah sisipan baris yang dibutuhkan. Cara ini akan membuat baris yang ditandai mencakup semua kolom pada worksheet. Langkah selanjutnya memilih menu yang sama (Insert Cells), tetapi tidak perlu lagi memilih menu yang muncul. Lihat pada gambar untuk lebih jelasnya.
Nah, itulah cara cepat untuk menyisipkan banyak baris pada tabel worksheet Excel. Semoga bermanfaat!
Kunjungi juga tips dan tutorial MS Word dan Powerpoint pada menu blogsite ini. Terimakasih!
: