-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Belajar Microsoft Excel untuk Pemula

Posting Komentar

Keberadaan aplikasi atau software berguna untuk membantu meringankan tugas sehari-hari dalam dunia kerja atau sekolah. Software yang wajib dipelajari untuk mengolah data yaitu Microsoft Excel, yang sangat bermanfaat dalam membuat tabel, grafik, mengolah data, perhitungan dan lainnya. Banyak sekali fitur yang bisa digunakan, tetapi tentunya tidak harus semua fitur tersebut dipelajari. Belajar dan praktekkan apa saja yang dibutuhkan dalam dunia kerja yang ditekuni. Misalnya untuk pemula perlu belajar dasar-dasar Microsoft Excel seperti berikut ini.

Membuat Workbook dan Spreadsheet

Apa yang menjadi perbedaan antara Workbook dan Spreadsheet? Secara sederhana, Workbook adalah file Excel yang sedang dibuka, sementara Spreadsheet adalah dokumen-dokumen yang berada dalam satu file Excel. Untuk membuat Workbook baru, kamu tinggal menekan tombol File yang berada di bagian atas Excel dan dilanjutkan dengan mengklik tombol New lalu Blank Workbook.

Apabila ingin menambah Spreadsheet baru, cukup tekan tombol '+' yang terletak di bagian bawah Excel, tepatnya di daerah Spreadsheet. Setelahnya, Anda bisa menyusun Spreadsheet dengan menekan dan menggesernya ke kiri atau kanan.

Memasukkan Data

Belajar memasukkan angka atau kata dalam Excel sangatlah mudah, hanya dengan klik sel atau kotak yang kosong pada Spreadsheet. Setelah itu Anda bisa mengetik angka atau kata yang diinginkan. Bila ingin berpindah sel, tinggal tekan tombol enter atau tab yang ada di keyboard.

Mengatur Tabel

Di Microsoft Excel, Anda bisa mengatur tipe border dan warna dalam tabel. Ada banyak jenis border yang bisa dipilih hanya dengan mengklik tombol Borders yang berbentuk kotak seperti sawah yang terletak di bagian Font pada bagian atas Excel.

Jika ingin memberikan warna pada tabel, cukup pilih sel, kolom, atau baris dari tabel yang ingin diberi warna sebelum mengklik tombol Fill Color yang memiliki simbol seperti kaleng cat di bagian atas Excel pada daerah Font. Setelah itu, pilih warna yang diinginkan.

Menyusun Data

Supaya data bisa terlihat lebih rapi, Anda dapat belajar cara menyusun data-data dalam Excel berdasarkan abjad atau dari angka yang paling kecil ke paling besar dan sebaliknya.

Untuk meyusunnya, pilih baris atau kolom yang ingin diatur datanya, kemudian klik tombol Sort & Filter yang ada pada bagian atas Excel di daerah Data. Nanti bisa memilih untuk menyusun data dari angka terbesar atau terkecil.

Menyaring Data

Selain menyusun data, bisa juga menggunakan tombol Sort & Filter untuk menyaring atau mencari data-data yang diinginkan. Cukup pilih kolom atau baris yang ingin disortir, lalu tekan tombol Sort & Filter, kemudian klik Filter. Setelah itu, bisa menyaring data sesuai kriteria yang diinginkan.

Menerapkan Penjumlahan yang Otomatis

Apabila belum belajar rumus Excel untuk menjumlahkan angka, untuk menambah angka-angka tersebut secara otomatis caranya dengan memilih kolom atau baris yang ingin dijumlahkan kemudian menekan tombol Auto Sum yang berlokasi di bagian atas Excel pada daerah Editing.

Semoga Bermanfaat.


Terbaru Lebih lama

Related Posts

:

Subscribe Our Newsletter