-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara Membuat Diagram Flow Chart dalam Excel

Posting Komentar
Flow chart merupakan diagram alur yang menunjukkan alur suatu proses, misalnya proses pembelian, proses penjualan, dan lain sebagainya. Dalam aplikasi Excel sudah disediakan perangkat untuk membuat diagram alur ini. Bagaimana cara membuat diagram flow chart dalam Excel akan dibahas secara singkat disini. Salah satu kemudahan membuat diagram alur dalam Excel adalah ketika akan membuat garis sambung antar shape karena sudah tersedia titik-titik sambung di tiap bentuk shape.

Aplikasi Microsoft Excel merupakan software yang tentunya sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia dan umum digunakan oleh siswa, mahasiswa ataupun karyawan kantor. Jadi, manfaatkan sebaik mungkin aplikasi ini untuk membantu pekerjaan kita. Berikut ini cara mudah membuat flow chart dengan menggunakan aplikasi Excel di komputer Anda.

Yang pertama, pilih menu "Insert" terletak di bagian atas toolbar. Kemudian pilih tombol menu "Shapes" bergambar kotak/tabung/segitiga. Anda bisa langsung memilih bentuk shape yang diperlukan. Untuk menambahkan garis/tanda panah, silakan ulangi langkah tersebut diatas. Menghubungkan antar shape menjadi lebih mudah karena terdapat tanda otomatis yang jadi tanda penghubung antar shape

Diagram Alur


Isi bentuk-bentuk shape tersebut dengan tulisan/kata yang dibutuhkan, atur sedemikian rupa agar pas. Hubungkan shape tersebut dengan menggunakan garis, garis panah atau lainnya sesuai alur diagram. Excel sudah menyediakan titik-titik pada shape tersebut agar mudah menghubungkan antar shape. Kemudahan ini yang tidak ditemukan dalam Microsoft Word meskipun menu Insert Chart tersedia disana. Cobalah untuk mencoba dengan berbagai alternatif tulisan, bentuk garis, bentuk shape, warna, dan lainnya agar semakin paham dan terbiasa membuat diagram alur.

Belajar mudah, banyak membaca!

Related Posts

:

Subscribe Our Newsletter